Selasa, 16 Desember 2014

Bisnis Internasional



A. Hakikat Bisnis Internasional
1. Perdagangan Internasional
Perdagangan internasional merupakan hubungan kegiatan ekonomi antarnegara yang diwujudkan dengan adanya proses pertukaran barang atau jasa atas dasar sukarela dan saling menguntungkan.
Perdagangan internasinal adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara lain atas dasar kesepakatan bersama.


2. Pemasaran Internasional

Pemasaran Internasional adalah kegiatan Pemasaran yang melewati batas-batas lebih dari satu negara. Pemasaran internasional merupakan penerapan konsep, prinsip, aktivitas, dan proses manajemen pemasaran dalam rangka penyaluran ide, barang atau jasa perusahaan kepada konsumen di berbagai Negara.

Pasar internasional adalah pasar yang membeli dan menjual produk dari beberapa negara. Pasar internasional melampaui ekspor pemasar dan menjadi lebih terlibat dalam lingkungan pemasaran di negara-negara tempat suatu organisasi melakukan bisnis.


B. Alasan Melaksanakan Bisnis Internasional

seseorang melaksanakan bisnis international karena beberapa alasan tertentu.

a . karena usahanya ingin lebih maju,

b . karena ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar,

c . karena persaingan di International lebih menguntungkan,

d . agar usahanya dapat di lihat di mata dunia,

e . agar lebih mengetahui di mana kekurangan usahanya

Teori dalam Perdagangan Internasional :

1)Teori keuntungan mutlak (absolut advantage)

Teori ini di kemukakan oleh Adam Smith. Beliau mengatakan bahwa negara akan makmur apabila mampu mengembangkan produksinya (GNP) melalui perdagangan.keuntungan mutlak yaitu keuntungan yang di nyatakan dengan banyaknya jam/hari kerja yang dibutuhkan untuk membuat barang.

2)Teori keutungan komparatif ( comparatif advantages)

Adalah teori yg dikemukakan oleh J.S Mill dan David Ricardo. Beliau menjelaskan tentang keunggulan komparatif diukur dalam ongkos nyata yg mencerminkan ongkos tenaga kerja.




C. Tahap-Tahap dalam Memasuki Bisnis Internasional

Tahap – tahap memasuki bisnis internasional :

1. Ekspor Insidentil

2. Ekspor Aktif

3. Penjualan Lisensi

4. Franchising

5. Pemasaran di Luar Negeri

6. Produksi dan Pemasaran di Luar Negeri




D. Hambatan dalam Memasuki Bisnis Internasional

a) Tarif bea masuk

Tarif bea masuk adalah pajak yang dikenakan terhadap barang yang diperdagangkan baik barang impor maupun ekspor. Perbedaan bahasa , sosial budaya atau kultural

ü Perbedaan dalam hal bahasa seringkali merupakan hambatan bagi kelancaran bisnis Internasional , hal ini disebabkan karena bahasa adalah merupakan alat komunikasi yang vital baik bahasa lisan maupun bahasa tulis. Tanpa komunikasi yang baik maka hubungan bisnis sukar untuk dapat berlangsung dengan Iancar. Hambatan bahasa pada saat ini semakin berkurang berkat adanya bahasa Internasional yaitu bahasa lnggris. Meskipun demikian perbedaan bahasa ini, tetap merupakan hambatan yang harus diwaspadai dan dipelajari dengan baik karena suatu ungkapan dalam suatu bahasa tertentu tidak dapat diungkapkan secara begitu saja dengan kata yang sama dengan bahasa yang lain. Bahkan suatu merek dagang atau nama produk pun dapat memiliki arti yang lain dan sangat negatif bagi suatu negara tertentu. Sebagai contoh pabrik mobil Chevrolet yang memberikan nama suatu jenis mobilnya dengan nama ” Chevrolet’s Nova ” , pada hal di negara Spanyol kata ” No Va ” berarti ” tidak dapat berjalan “. Oleh karena itu maka sangat sulit untuk memasarkan produk tersebut di negara Spanyol tersebut.

ü Perbedaan kondisi sosial budaya merupakan suatu masalah yang harus dicermati pula dalam melakukan bisnis internasional. Misalnya saja pemberian warna terhadap suatu produk ataupun bungkusnya harus hati-hati karena warna tertentu yang di suatu negara memiliki arti tertentu di negara lain dapat bermakna yang bertentangan. Perbedaan budaya ataupun kebiasaan juga perlu diperhatikan. Misalnya orang Jepang memiliki kebiasaan untuk tidak mau mendekati wanita bila membeli di supermarket , sehingga hal ini membawa konsekuensi bahwa barang – barang yang berupa alat-alat kosmetik pria jangan ditempatkan berdekatan dengan kosmetik wanita , sebab tidak akan didekati oleh pembeli pria.

b) Hambatan politik , hukum , dan perundang – undangan

Hubungan politik yang kurang baik antara satu negara dengan negara yang lain juga akan mengakibatkan terbatasnya hubungan bisnis dari kedua negara tersebut. Sebagai contoh yang ekstrim Amerika melakukan embargo terhadap komoditi perdagangan dengan negara-negara Komunis. Ketentuan hukum ataupun perundang-undang yang berlaku di suatu negara kadang juga membatasi berlangsungnya bisnis internasional. Misalnya negara-negara Arab melarang barang-barang mengandung daging maupun minyak babi. Lebih dan itu undang – undang di negaranya sendiri pun juga dapat membatasi berlangsungnya bisnis Internasional , misalnya Indonesia melarang ekspor kulit mentah ataupun setengah jadi , begitu pula rotan mentah dan setengah jadi dan sebagainya.

c) Hambatan operasional

Hambatan perdagangan atau bisnis internasional yang lain adalah berupa masalah operasional yakni transportasi atau pengangkutan barang yang diperdagangkan tersebut dari negara yang satu ke negara yang lain. Transportasi ini seringkali sukar untuk dilakukan karena antara kedua negara itu belum memiliki jalur pelayaran kapal laut yang reguler. Hal ini akan dapat mengakibatkan bahwa biaya pengangkutan atau ekspedisi kapal laut untuk jalur tersebut akan menjadi sangat mahal. Mahalnya biaya angkut itu dikarenakan selain keadaan bahwa kapal pengangkutnya hanya melayani satu negara itu saja yang biasanya lalu mahal , maka kembalinya kapal tersebut dari negara tujuan itu akan menjadi kosong. Perjalan kapal kosong di samudera luas akan sangat membahayakan bagi keselamatan kapal itu sendiri.




E. Perusahaan Multinasional

Perusahaan Multinasional adalah suatu perusahaan yang melaksanakan kegiatan secara internasional atau dengan kata lain melakukan operasinya dalam beberapa negara.




Referensi :

– http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran_internasional
– http://www.ekonomikabisnis.com
– https://sites.google.com/site/paksyamsuclass/classroom-news/perdaganganinternasional
– http://masyitohithoh.blogspot.com/2011/11/bisnis-internasional.html
– http://zaicorp-zaicorp.blogspot.com/2011/11/pengantar-bisnis_3034.html

Sumber : http://safiram.wordpress.com/2012/12/31/bisnis-internasional/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar